02 Oktober 2013

MEMBUAT MULTISPARK DIRECT CURRENT CAPASITOR DISCHARGE IGNITION (DC CDI)



Membuat CDI memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang, kalau memang sudah pernah membuat yaaaa memang gampang, dibilang susah kalau baru pertama kali membuat yaaaa memang susahnya setengah mati.

Setelah berbulan-bulan eksperimen dengan berbagai kejadian seperti kesetrum tegangan 300Volt, komponen terbakar, terkena soder hingga gosong, sampai pada hunting komponen yang sangat melelahkan, hingga akhirnya pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman saya tentang membuat Multispark DC CDI mudah dan murah dengan memakai IC NE 555 yang harganya kurang lebih Rp. 1.500,- Rp.3.000,-.

Secara teori dapat dilihat di SINI.

Rangkaian yang saya gunakan adalah sebagai berikut.

Dan untuk inverter dari 12 volt ke 300 volt adalah sebagai berikut.


Dan hasil akhirnya adalah seperti pada gambar dibawah ini…maaf agak ruwet dan kurang rapi susunan komponennya, karena memang pada awalnya pcb-nya untuk CDI onespark tapi akhirnya digunakan untuk CDI multi spark..



Saya gunakan pendingin 8 sirip karena untuk mengurangi panas dari transistor inverter, sehingga kinerja transistor tetap bisa maksimal ketika digeber pada RPM tinggi..

Sebagai informasi tambahan, rangkaian ini saya gunakan pada sepeda motor Suzuki smash saya dan ketika saya geber 100 km/jam tidak ada masalah yang berarti cuma pendingin yang dipakai agak hangat karena transfer panas dari transistor inverter.

Selamat mencoba….salam hangat dari Bumi Reyog Ponorogo…

27 komentar:

  1. bisa minta skema yg udh digabung dan jalur PCB nya, kirim ke email rsyuria@gmail.com

    BalasHapus
  2. maaf mas black rider, setelah saya cari di arsip saya koq belum ketemu tu jalur pcb-nya...kalau penggabungan skema tu tinggal gabung aja...tegangan positif 12 volt pada inverter digabung ma teg positif pada filter, ground juga disambung dengan ground. sedangkan kaki gate (gerbang) SCR disambung dengan pin no. 3 pada IC ne555. Makasih dah mampir....

    BalasHapus
  3. itu rangkaiannyta terpotong,ga komplit,

    BalasHapus
  4. albert christ, rangkaian tersebut diatas bisa digabung, karena skema yang saya gunakan adalah rangkaian itu dan jadi sebuah dc cdi.inputnya dari pulser menuju kaki R 1kohm sebelum Tr Tip 31. dan outputnya adalah di kaki no 3 IC 555 menuju ke gate (G) SCR.mungkin agak ribet juga...makasih dah mampir

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. coba untuk komponen rangkaian filter diklik gambar diatas, disitu akan muncul gambar dengan komponennya dengan jelas...sedang untuk rangkaian inverternya bisa dicek jawaban untuk pertanyaan dibawah.scr yang digunakan 2p4m atau 3p4m..
      makasih dah mampir....

      Hapus
  6. wa trafonya jrg bgt tuh om? klw mau bikin trafo kyak gitu gmn ya atau ada yg jual ?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf untuk pembuatan inverternya bisa seperti rangkaian di sini http://ot40.com/cdi_ignition.htm dan trafonya bisa seperti disini http://ot40.com/making_the_transformer.htm
      makasih dah mampir...

      Hapus
    2. atau bisa menggunakan trafo pada rangkaian lampu flourescent yang telah rusak, kumparan yang ada sebagai kumparan sekunder yang menghasilkan tegangan 350 volt lebih...tinggal menambahkan kumparan yang lain seperti pada tutorial web diatas.hati - hati dengan tegangan tinggi....

      Hapus
  7. bagaimana cara membuat trafonya kalau bisa dbuatkan tutorialnya/gambarnya dan brp jumlah lilitan sekundernya dan masuk ke kaki mana dbekas trafo lampu flourescent,mohon bantuannya.terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutorial pembuatan trafo untuk inverter bisa dilihat di postingan selanjutnya...makasih dah mampir..

      Hapus
  8. saya boleh minta no tlfnnya mas ? penting

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. maaf skema yang mana ya??? lupa nihhh...hiihihi

      Hapus
    2. Bang toni klo bikin limiter cdi ac itu rubahy di mana perlu di tambahin bagian manay makasih

      Hapus
  10. untuk shogun 125 cocok gak? apa saja yg perlu disesuaikan? bagaimana caranya agar perubahan timing pengapian berjalan otomatis tanpa harus pakai saklar manual? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk shogun 125 dicoba aja gan, coba ganti r 180k ohm, yang diatasnya cap 4,7nF itu dengan pot 250k ohm yang diseri dengan r 100k ohm, nanti bisa di cari kecocokannya dengan pot tersebut...kalau timingnya biar berjalan otomatis yang musti dengan ic microcontroller.... makasih dah mampir

      Hapus
  11. Mass kalo untuk massa pulsernya konek mana ya. Kan kalo cdi smash dia punya maasa pulser .. sedangkan di skema hanya ada +pulser saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. massa pulser langsung hubungkan dengan ground pada rangkaian...

      Hapus
  12. how about putting 1n4007 instead of zener diode?..and what ir the use of the 9013 transistor???

    BalasHapus
  13. Gan, kalo misalnya rangkaian multispark kita aplikasikan ke motor yang menganut CDI AC(Honda Supra atau Astrea), tanpa menggunakan inverter 12Volt ke 300Volt. kira kira gimana ya bos? Kira kira ada komponen yang perlu dirubah dari rangkaiannya tidak?
    Mohon pencerahannya bos.
    Matur tengy

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah mencoba lansung dari spul tidak pakai inverter, ternyata tidak bisa bekerja rangkaian ini, saya tidak tahu hal ini karena pengaruh tegangan dari spul yang tidak konstan atau bagaimana, makasih dah mampir.

      Hapus
  14. Maksutnya multispark itu gimsna ya mas

    BalasHapus
  15. Permisi gan... maaf mau tanya.
    Motor sy cb150r thn 2017 CDI nya rusak,
    Awalnya sy membuat kunci rahasia ketika masuk gigi satu mesin mati yg sy lakukan kabel lampu netral sy gabung ke kabel massa CDI dan gak lama motor sy jadi susah distarter/kickstarter.
    Bgtu sy lepas CDI nya dan sy bongkar ternyata ada 2 IC 555 sy pegang sangat panas.. mohon pencerahannya via email
    rezaspimcontractor@gmail.com
    Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  16. Mas apa bisa rangkaian di pakai di mobil yg masih menggunakan platina sbgi pengapian nya. Maksudnya upgrde dengan modul ini. ?

    BalasHapus
  17. Mas aku pingin rangkaian tci yg lengkap dg advancer dg coil beat injeksi . Pd rangkaian apa yg dipergunakan .

    BalasHapus